Achlif

Anggota DPR RI Firman Subagyo Sarankan Petani Gunakan Pupuk Organik

Example 120x600

BLORA, (beritaku.net) – Upaya menjaga ketahanan pangan nasional, Anggota Komisi IV DPR, Firman Subagyo menyarankan agar para petani mulai beralih menggunaan pupuk organik dengan alasan penggunaan pupuk kimia bisa berpengaruh terhadap produksi hasil pertanian nasional.

Hak tersebut disampaikan Anggota Komisi IV DPR, Firman Subagyo kepada wartawan di sela-sela acara Bimbingan Teknis (Bimtek) UPPO, Jaringan Irigasi, Jalan Usaha Tani, Pembiayaan Pertanian dan Alsintan Untuk Pembangunan Usaha Pertanian di Hotel Almadina Blora, Kamis (29/09/2022).

“Untuk itu kita harus melakukan gerakan menggunakan Pupuk Organik dalam rangka memperbaiki unsur kesuburan lahan dan meningkatkan produksi nasional,” ujar Politikus Golkar, Kamis (29/9/2022).

Sekarang ini, menurut Firman banyak lahan pertanian saat ini sudah mulai titik jenuh dan tidak produktif, karena pupuknya itu berlebihan menggunakan pupuk kimia atau pupuk urea.

Politikus Partai Golkar tersebut menegaskan bahwa upayanya dalam meningkatkan kualitas pertanian di Jawa Tengah dan Blora khususnya telah menjadi komitmen serius di dalam Komisi IV DPR RI.

“Kita akan berusaha untuk membantu subak dan kelompok demikian juga penggiat-penggiat yang berkaitan dengan sektor pertanian. Kita sudah bantu UPPO (unit pengolahan pupuk organik, sapi betina produktif ada juga jalan usaha tani dan alat-alat tani lainnya,” terang Firman.

Baca Juga :  Assessment Pejabat, Pemkab Blora Gandeng SDM Polri

Lebih lanjut, Firman menambahkan, melalui Bimtek yang menyasar seluruh masyarakat di Blora ini dapat menjadi salah satu peluang besar bagi petani untuk mulai lebih memaksimalkan pupuk organik. Dalam kurun waktu jangka panjang, kesuburan tanah petani di Blora akan terjamin dibandingkan menggunakan pupuk kimia.

Di Blora, lanjut Firman, populasi sapi sangat tinggi. Dalam satu hari, satu ekor sapi dapat menghasilkan sedikitnya 10 kilo gram kotoran. Jika dikalikan jumlah sapi yang ada di Blora sudah berapa banyak kotoran sapi yang bisa dimanfaatkan.

Firman berujar, dirinya siap membantu proses pengawalan dan pendampingan bantuan ini, sehingga dapat benar-benar meningkatkan kesejahteraan peternak dari penjualan pupuk organik yang dihasilkan.

“Mulai proses pemeliharaan, pembuatan pupuk, hingga penjualan akan kita dampingi. Sehingga produk ini bisa berjalan,” pungkas Firman.

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *