Achlif
HL  

Antisipasi Banjir hingga Longsor, Pertamina Tanam Ribuan Pohon di Blora

Example 120x600

BLORA, (beritaku.net) – Pertamina EP Cepu dan ADK (alas dara kemuning) menanam ribuan pohon buah dan trembesi untuk mengantisipasi banjir dan longsor.

Asmen Petrolium Engineering Pertamina EP Cepu Field, Andes Leo Purnomo mengatakan pihaknya menanam pohon buah dan pohon trembesi dengan total 2480 pohon.

Untuk pohon buah yang ditanam pun beragam. Ada pohon mangga, pohon kelengkeng, pohon nangka, hingga pohon rambutan.

“Kalau pohon buah untuk lebih kita nikmati kedepannya kelihatan hasilnya, kalau untuk pohon trembesi lebih ke arah penanggulangan bencana, karena sekarang lagi musim hujan, longsor, banjir,” ucap dia saat ditemui wartawan di Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Kamis (24/11/2022).

Selain itu, penanaman pohon tersebut juga dipelopori oleh SKK Migas atau KKKS Jabanusa sebagai rangkaian agenda dari IC IOG 2022 yang dilakukan di Bali pada tahun 2022.

“Itu acaranya tanggal 23 dan 24 November, kemarin tanggal 23 November dilaksanakan secara offline itu di Taman Hutan Raya Bali, dan sekarang secara serentak seluruh Indonesia tanggal 24 November dilakukan secara online,” kata dia.

Dengan adanya ribuan pohon yang ditanam, pihaknya juga akan terus merawat pohon-pohon itu secara rutin dan juga melakukan monitoring secara berkala.

Andes juga mengungkapkan alasan Pertamina menanam pohon-pohon tersebut di Desa Nglobo yang notabene merupakan area wilayah kerja mereka.

“Karena memang Nglobo kedepannya akan banyak kegiatan juga di sini, harapannya dengan menanam pohon itu hubungan baik juga ke masyarakat kita libatkan,” ujar dia.

Baca Juga :  Amankan Perayaan Natal dan Tahun Baru di Blora, Seribu Personel Gabungan Dikerahkan

Penanaman ribuan pohon tersebut juga bagian dari penurunan gas emisi karbon yang memang telah dilakukan oleh Pertamina sejak tahun lalu.

Tanam pohon ialah salah satu kegiatan di bidang lingkungan. Bentuk kegiatannya antara lain menanam 1.700 bibit pohon dan 2.000 tanaman penahan erosi.

“Harapannya nanti kita lakukan rutin setiap tahun, tentu saja koordinasi semua KKKS yang dipelopori oleh SKK Migas Jabanusa,” jelas dia.

Sementara itu, Asisten Perekenomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Blora, Hariyanto mengatakan kegiatan yang dilakukan Pertamina merupakan tindak lanjut dari G20 yang telah dilaksanakan pada 15 dan 16 November 2022 lalu di Bali.

Menurutnya, penanaman pohon buah ataupun trembesi sangat bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

“Ini adalah kegiatan yang sangat luar biasa, dan insyaallah bermanfaat dan mengurangi erosi, kemudian memberikan kesempatan bagi lingkungan sekitar kita seperti burung-burung,” kata dia.

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *