Achlif
Berita  

Bupati Arief Tebar Ribuan Benih Ikan di Bendungan Randugunting

Example 120x600

BLORA, (beritaku.net) – Setelah diresmikan Presiden Joko Widodo awal Januari lalu, Bendungan Randugunting di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora ditebari ribuan benih ikan oleh Bupati Blora, Arief Rohman.

“Setelah diresmikan Pak Presiden Joko Widodo awal Januari lalu, air yang ada di Bendungan Randugunting semakin banyak dan genangannya mulai terlihat luas. Dan Alhamdulillah, melihat kondisi tersebut, kami bersama Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP4) telah melakukan tebar benih ikan agar segera tercipta ekosistem perairan darat disini,” ujar Bupati Blora, Arief Rohman, Sabtu (02/04/2022).

Arief sapaan akrab Bupati Blora menjelaskan, jumlah benih ikan ini, ada 12 ribu ekor dengan jenis ikan nila dan ikan patin.

“Kita berharap ikan ikan ini bisa tumbuh besar dan bisa menjadi alternatif tempat pemancingan bagi masyarakat umum,” terang Arief.

Arief juga berharap, pihak desa dan pihak pengelola dapat memanfaatkan Bendungan Randugunting tersebut.

“Tolong Pak Kades bersama pengelola bisa melarang penangkapan ikan dengan jaring atau racun, boleh ambil ikan tapi dengan cara dipancing,” pinta Arief.

Sebagai Bupati, Arief yakin kedepan Bendungan Randugunting ini akan mampu menjadi daya tarik wisata unggulan di Kabupaten Blora, dan membangkitkan ngeliat ekonomi masyarakat sekitarnya.

Perlu diketahui ini, arena taman dan perkantoran yang ada di area Bendungan Randugunting belum bisa dibuka untuk umum, sehingga pengunjung sementara hanya bisa di area bagian barat.

“Kita berharap nantinya ketika siap, tamannya juga bisa dibuka untuk umum oleh BBWS Pemali Juana. Apalagi tadi juga ada kebun buah, kandang satwa burung, dan sejumlah fasilitas olahraga,” harap Arief.

Baca Juga :  Ratusan Peserta Dari Jateng dan Jatim Semarakan Pameran Dan Kontes Bonsai Blora

Sementara itu, Kepala DP4, Gundala Wijasena menjelaskan, jumlah ikan yang ditebar ini masing-masing untuk nila sebanyak 10 ribu ekor. Sedangkan patin ada 2 ribu ekor.

“Perikanan darat di Kabupaten Blora memang terus kita galakkan. Selain untuk menunjang pengembangan perikanan, juga untuk mempermudah masyarakat memperoleh ikan guna menunjang pemenuhan gizi. Karena dengan makan ikan, bisa untuk mencegah stunting,” ujar Gundala.

Dipihak lain, Hendrawati perwakilan BBWS Pemali Juana selaku pengelola Bendungan Randugunting mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi dukungan Pemkab Blora dalam pengembangan perikanan di lokasi tersebut.

“Setelah dulu diberi indukan ikan oleh Presiden, dan pekan lalu dilepasi ikan juga oleh Pak Wamen PUPR. Kini ditambah 12 ribu ekor benih ikan oleh Pak Bupati dan rombongan. Semoga ikan-ikannya bisa tumbuh besar dan menjadi ekosistem perikanan yang sehat dan bermanfaat bagi kelangsungan bendungan, hingga masyarakat,” ucap Hendrawati.

Menurut Hendrawati, saat ini tampungan air di Bendungan Randugunting telah mencapai 5,8 juta meter kubik air. Sehingga masih ada potensi bertambah lagi karena daya tampung maksimal mencapai 14 juta meter kubik air.**”

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *