Achlif
HL  

Sinergitas Karang Taruna dan Pemdes Diharapkan Mampu Kembangkan Potensi Desa

Example 120x600

BLORA, (beritaku.net) – Puluhan pemuda karang taruna dari sejumlah desa di eks-Kawedanan Cepu mengikuti pelatihan jurnalistik tingkat dasar.

Pelatihan jurnalistik tingkat dasar ini diisi oleh wartawan senior Suara Merdeka, Urip Daryanto dan juga wartawan lokal Ely Nyunanto di Kantor Kecamatan Kedungtuban Blora, Minggu (28/11/2021).

Ketua Karang Taruna Kabupaten Blora, Achlif Nugroho Widi Utomo mengatakan pelatihan tersebut sangat penting dilakukan bagi karang taruna untuk memunculkan potensi-potensi desa agar diketahui khalayak ramai.

“Kami ingin meningkatkan kapasitas kalian semua melalui bidang jurnalistik. Sebab, media punya peran yang luar biasa,” ucap Achlif dalam sambutannya.

Menurutnya, karang taruna merupakan organisasi sosial kemasyarakatan untuk pengembangan generasi muda yang lingkup usianya mulai dari 11 tahun sampai 45 tahun, serta bersifat nonpartisan.

“Tapi kenyataannya karang taruna yang aktif di desanya belum banyak,” kata dia.

Padahal apabila karang taruna tiap desa bisa aktif dan mengembangkan diri, maka tidak menutup kemungkinan banyak manfaat yang diperolehnya.

Selain itu, sinergitas karang taruna dan pemerintah desa juga sangat penting untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di desanya masing-masing.

“Setelah teman-teman mendapatkan pelatihan ini, diharapkan bisa mengeksplorasi potensi desa untuk disebarluaskan ke masyarakat luas,” terangnya.

“Kalau potensi daerah kita angkat, sehingga konteksnya secara luas bisa meningkatkan pendapatan desa dan pendapatan teman-teman,” imbuhnya.

Baca Juga :  Bandara Ngloram Blora Siap Layani Penerbangan 'Feeder' Umrah

Achlif yang juga anggota DPRD Kabupaten Blora tersebut berjanji akan membuatkan wadah bagi para karang taruna untuk mengeksplor potensi-potensi yang ada di desa mereka masing-masing.

“Nanti beritaku.net dapat menampung informasi dari tulisan-tulisan, foto ataupun video karang taruna,” jelasnya.

Dan bagi para karang taruna yang aktif memberikan informasi, juga akan mendapatkan kesempatan untuk diajak studi banding ke sejumlah tempat di Indonesia.

Dalam kegiatan pelatihan jurnalistik tingkat dasar kali ini juga dihadiri anggota DPRD Kabupaten Blora, Ketut Kunarwo, Irma Isdiana, Arifin Muhdiarto serta Mujoko.

Selain itu, turut hadir Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Hartanto Wibowo, serta Camat Kedungtuban, Rajiman.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan masker dan hand sanitizer dari Kementerian Sosial untuk karang taruna se-Kabupaten Blora.


banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *