Berita  

Bupati Arief Tindak Tegas Oknum Pelaku Pungli BLT BBM di Blora

Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si

BLORA, (beritaku.net) – Beredar sebuah video viral di media sosial berdurasi 2 menit memperlihatkan memperlihatkan seorang perempuan dugaan melakukan pemotongan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Program Sembako langsung dari warga setempat sebesar Rp.20 ribu perorangnya.

Dalam video tersebut, memperlihatkan percakapan antar warga dengan seorang perempuan dengan dugaan melakukan pemotongan bantuan tersebut dilakukan di Dusun Nglego, Desa Sumberejo, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora.

KPU

Adanya video seorang perempuan dengan dugaan melakukan pemotongan bantuan tersebut, Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Blora, Indah Purwaningsih mengatakan, secara kronologis dirinya mengatakan tidak tahu terkait dugaan pemotongan BLT BBM tersebut. Hanya saja setelah videonya viral dirinya ditugaskan langsung oleh Bupati Blora Arief Rohman dan ternyata hal tersebut sudah diselesaikan.

“Ini ada informasi bahwa yang bersangkutan sudah dipanggil oleh aparat penegak hukum. kemarin sudah dipanggil dan diakui sebagaimana yang sudah saya laporkan kepada pak Bupati pelakunya bukan dari unsur KPM, tetapi istri salah satu kadus di Blora,” kata Indah saat di temuai di ruang kerjanya, Senin (19/09/2022).

Indah juga menyampaikan, kejadian pengumpulan uang tidak dilakukan dilokasi pencairan tetapi dirumah pribadi istri kadus yang kemarin videonya sempat viral. Alasannya untuk administrasi dan seiklasnya.

terkait video viral yang diduga pemotongan BLT BBM, terang Indah, sudah ditangani langsung oleh aparat setempat.

“Kami dari pendamping PKH maupun TKSK tidak dilibatkan ketika pemanggilan, namun kami dari temen-temen PKH dan TKSK dipanggil secara sendiri untuk dimintai keterangan. Dan informasi yang kami dapatkan bahwa uang dikembalikan,” ungkap Indah.

Terkait kejadian tersebut, selaku Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Blora, Indah Purwaningsih menyampaikan kepada teman- teman pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) untuk melakukan pemantauan dan pengawasan, segera melaporkan apabila terjadi pemotongan.

Baca Juga :  Ragam Pakaian Adat Meriahkan Peringatan Sumpah Pemuda

Sikap tegaspun dikeluarkan oleh Bupati Blora, Arief Rohman terkait viralnya video pungli yang dilakukan okeh oknum keluarga aparat desa di Dukuh Nglego, Desa Sumberejo, Randublatung.

Arief bakal menindak tegas pelaku pungli BLT BBM dan Program Sembako diwilayahnya apabila tidak mentaati regulasi yang berlaku.

“Kami langsung terjunkan tim dan yang bersangkutan (oknum pelaku pungli) juga sudah dimintai keterangan oleh pihak kepolisian,” kata Arief kepada awak media, Senin (19/09/2022).

Untuk uang pungli, Arief memastikan sudah dikembalikan lagi ke warga setempat.

“Uang (pungli) sudah dikembalikan ke warga. Terkait kasus ini, pihaknya juga mewanti-wanti semua perangkat desa supaya tidak melakukan hal serupa,” ujar Arief.

Pihaknya juga mengaku akan keluarkan surat edaran untuk semua kepala desa dan Rabu (21/09/2022) mereka akan kumpulkan untuk diberikan arahan.

Meski sudah meminta maaf dan mengembalikan uang pungli kenwarga, hal tersebut juga menjadi catatan penting bagi semua perangkat desa.

Dalam hal ini, lanjutnya, oknum yang merupakan istri dari aparat desa setempat juga sudah meminta maaf.

“Yang bersangkutan (oknum pelaku pungli) sudah meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulangi lagi. Dan yang bersangkutan kita bina, kalau dibina tidak bisa ya dibawa ke ranah hukum,” ujar Arief.***

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *