Bupati Minta Para Guru Ikut Tekan Pernikahan Dini di Blora, Ini Sebabnya

BLORA, (beritaku.net) – Bupati Blora, Arief Rohman mengajak seluruh guru untuk turut serta mencegah pernikahan dini.

Hal tersebut diungkapkan saat memberikan sambutan pada acara halal Bi Halal dan Pembinaan ASN – Non ASN se Koordinasi Wilayah Bidang Pendidikan (Korwil Bidik) Kecamatan Randublatung, di Gedung Serbaguna Kelurahan Wulung, Kecamatan Randublatung, pada Selasa (9/5/2023).

KPU

Pasalnya, menurut Bupati saat ini pengajuan dispensasi nikah untuk anak usia lulusan SMP sederajat di Kabupaten Blora masih cukup tinggi.

“Penyebab utamanya bukan kecelakaan atau hamil duluan, tetapi justru karena tradisi orang tuanya. Semoga saja hal ini tidak terjadi di Randublatung. Yakni tradisi atau kepercayaan, ketika anak lulus SMP sudah ada yang nakokke atau nglamar, dan hitungan wetonnya cocok, tidak berani menolak. Takut nantinya sulit jodoh,” ucap Bupati.

Inilah yang menurut Bupati bisa meningkatkan pernikahan dini, dan ketika dipaksa punya anak di usia muda, rahimnya belum siap, mengakibatkan anak stunting atau gagal tumbuh dengan baik.

“Kami minta tolong agar Bapak Ibu Guru bisa ikut mensosialisasikan ini kepada orang tua murid. Pasalnya kemarin saya dilapori dari PA sudah ada 500 an pengajuan dispensasi nikah,” sambung Bupati.

Dirinya juga meminta agar para guru terus semangat memberikan pelayanan pendidikan terbaik kepada anak-anak generasi muda Blora di wilayah Randublatung.

“Jangan sampai ada yang putus sekolah. Jika menjumpai ada anak berprestasi dan kurang mampu, tolong dilaporkan agar bisa dikawal bersama sehingga pendidikannya bisa terus berlanjut. Ada banyak beasiswa yang bisa kita carikan,” ujar Bupati.

“Untuk guru guru yang bertugas mengajar di desa-desa hutan, tolong bersabar nggih. Pembangunan jalan kabupaten akan terus kita lanjutkan. Randublatung – Blora kini sudah lancar, inshaAllah 2023 ini akan kita lanjutkan pembangunan Randublatung – Getas hingga batas Ngawi. Kemudian menuntaskan Wulung – Klathak, ada Temulus – Sumber, dan lainnya. Yang belum sabar nggih, ngantri,” tambah Bupati.

Baca Juga :  Terus Bertambah, Jumlah Rumah Warga Blora Yang Terancam Longsor

Dalam kesempatan ini, Bupati juga berkesempatan berinteraksi dengan anak anak SDN 2 Wulung yang memainkan karawitan, dan melihat gedung sekolah yang berada di sebelah lokasi acara. Bupati meminta para Kepala Sekolah melaporkan ke Dinas jika ada sarpras yang rusak, agar bisa diusulkan perbaikannya.

Sementara itu, Wakimin, S.Pd., M.M.Pd., Kepala Korwil Bidik Kecamatan Randublatung menyampaikan terimakasih kepada Bupati Arief Rohman yang telah berkenan hadir memberikan motivasi dan arahan kepada guru guru se Randublatung.

“Maturnuwun Bapak Bupati atas kesediannya hadir langsung ke Randublatung. Kami semua siap untuk melaksanakan arahan Bapak. Semoga kedepan pendidikan di Randublatung semakin maju. Siap sesarengan mbangun pendidikan berkelanjutan,” ungkapnya.

Acara ditutup dengan halal bi halal dan ramah tamah di ruang SDN 2 Wulung. Bersilahturahmi dengan para guru, tenaga kependidikan, baik PNS maupun PPPK dan honorer.

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *