Raih 11 Emas, Kontingen Blora Juara Umum Cabor Dayung pada Porprov Jateng 2023

Example 120x600

PATI, (beritaku.net) – Medali emas yang diperoleh tim dayung Blora di nomor Tradisional Boat Race (TBR) 500 meter, mengokohkan kontingen dayung dari Kabupaten Blora di posisi puncak perolehan medali cabang olahraga dayung di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah XVI 2023.

Pada Porprov 2018 sebelumnya, kontingen dayung Blora menempati peringkat ketiga dengan mengumpulkan lima keping emas, enam perak, empat perunggu. Ketika itu Blora dikalahkan Pati dan Demak.

Namun, pada Porprov tahun 2023 ini, singgasana juara umum dayung kembali direbut oleh kontingen Blora.

‘’Kami bersyukur, latihan intensif yang selama ini dilakukan para atlet dayung Blora di Waduk Tempuran berbuah manis. Kami meraih juara umum lagi,’’ ujar Ketua Umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kabupaten Blora Pratikto Nugroho, Rabu (9/8).

Pertandingan dayung Porprov Jateng 2023 digelar di Waduk Seloromo, Gembong, Kabupaten Pati sejak Minggu (6/8).

Para Atlet dari 19 kabupaten dan kota berlaga untuk menjadi yang terbaik di waduk yang terletak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Pati tersebut.

Pedayung Blora mulai menunjukkan dominasinya sejak hari pertama. Dua keping emas dan dua perak diraih.

Dua emas cabang dayung Blora disumbangkan dari kategori rowing single putra M1x 2000m oleh Muhammad Bagas Triyono dan rowing dobel M2x 2000m oleh Muhammad Bagas Triyono dan Ananda Bagus Hardino.

Sedangkan dua perak kategori rowing single putri W1x 2000m oleh Lira Firdenita, kemudian W2x 2000m oleh Lira Firdenita Diva Elalia.

Pada hari kedua, Senin (7/8), pedayung Blora mendapat empat emas tiga perak dan satu perunggu. Empat keping emas di antaranya direbut pedayung Blora Yakni dari nomor kayak (K1) 1000m putra oleh Agung Riskianto, Cano (C1) 1000m putra Rendika Meiliyano, K2 1000 m putra oleh Sultan Fadillah Akbar dan Rifki Bagus Winulyo.

Baca Juga :  Usut Dugaan Pencabulan Anak di Banjarejo, Polres Blora Periksa Terduga Pelaku

Pada hari ketiga, Selasa (8/8), tiga keping emas dan satu perak yang diperoleh pedayung Blora memastikan kontingen Blora meraih juara umum cabang olahraga dayung.

Pertandingan dayung diakhiri dengan dipertandingkannya nomor perahu naga (TBR), Rabu (9/8). Medali emas dari TBR 500 meter menggenapi perolehan medali dayung Blora menjadi 11 emas, enam perak dan satu perunggu.

Sedangkan Kontingen Pati selaku tuan rumah bertengger di peringkat kedua dengan mengumpulkan empat keping emas, empat perak dan lima perunggu.

Kontingen Demak harus puas di urutan ketiga klasemen akhir perolehan medali dengan mendapatkan empat emas, empat perak dan empat perunggu.

‘’Untuk sementara ini dayung menyumbang medali emas terbanyak bagi kontingen Blora, yakni 11 emas. Disusul berikutnya angkat besi enam emas dan sambo lima emas serta panjat tebing empat emas,’’ kata Humas KONI Blora Heri Purnomo.

Menurutnya, Blora juga meraih dua emas masing-masing dari cabang atletik dan jujitsu. Satu emas masing-masing disumbangkan dari binaraga, tenis lapangan, dan angkat berat serta balap sepeda.

‘’Hingga kini Blora sudah meraih 34 keping emas dari target 25 emas. Besok Kamis, masih ada nomor pertandingan yang diikuti atlet Blora. Mudah-mudahan ada tambahan emas lagi,’’ ujarnya.

banner 400x130

Tinggalkan Balasan