Achlif

Ratusan Pesepeda Siap Eksplorasi Wisata Blora, Infrastruktur Jalan Diperbaiki

Example 120x600

BLORA, (beritaku.net) – Sekitar 600 pesepeda dipastikan ikut berpartisipasi dalam event Sukun Tour de Muria ‘Blora Expedition’ 2023, pada 16 – 17 September 2023 mendatang.

Sejumlah persiapan jelang event olahraga balap sepeda tingkat nasional tersebut juga sudah mulai dilakukan.

Terutama terkait kondisi rute jarak sepanjang 160 kilometer yang membentang dari area Bandara Ngloram di Cepu hingga Bendungan Randugunting di Japah.

Hendra Dharmanto selaku panitia event tersebut mengatakan perbaikan jalan yang nantinya digunakan rute tour sepeda itu juga sudah dilakukan.

“Ini perbaikan sudah dilakukan, ini perbaikan jalan kabupaten, Randublatung – Menden, kemudian jalan provinsi menuju ke Bendungan dan ini juga dalam perbaikan juga, jadi ada jalan yang perbaikannya permanen, ada jalan yang perbaikannya hanya menambal,” ucap dia saat konferensi pers di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Senin (4/9/2023).

“Memang terus terang anggaran lagi susah, tapi yang jelas itu bentuk kepedulian dari Pemprov dan Pemkab untuk bisa mengangkat event ini sebaik mungkin sesuai dengan tupoksi dan anggaran yang tersedia,” imbuh dia.

Event olahraga balap sepeda yang memperebutkan total hadiah Rp 150 juta tersebut juga dapat mengangkat potensi-potensi wisata yang ada di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Pasalnya, para juara akan mendapatkan piala berupa miniatur barongan yang merupakan kesenian khas blora.

Sekretaris Korporat PT Sukun Wartono, Deka Hendratmanto mengatakan keberadaan event olahraga sepeda tersebut juga sebagai bentuk pemerataan dalam mengangkat nilai-nilai lokal pariwisata yang ada di Jawa Tengah.

Baca Juga :  Polres Blora Amankan 200 Sak Pupuk Bersubsidi dan Tetapkan Satu Tersangka

“Sebagaimana pesan program dari Pak Gubernur dan dinas pariwisata Jawa Tengah, sehingga dengan bergiliran ini mudah-mudahan bisa membantu potensi-potensi lokal pada teman-teman UMKM khususnya pada pariwisata akan terangkat,” terang dia.

Sementara itu, Bupati Blora, Arief Rohman yang hadir via zoom meeting menyambut baik event olahraga sepeda tingkat nasional tersebut.

“Semoga event ini membawa dampak positif bagi Blora, untuk promosi Blora, kuliner Blora dikenalkan, termasuk kesenian dan kebudayaannya. Semoga ini menjadi agendan tahunan,” kata dia.

Ajang olahraga sepeda yang diadakan di Blora ini merupakan penutup dari rangkaian Trilogi Tour de Borobudur 2023, dan akan diikuti sekitar 600 pesepeda.

Terdapat 4 pitstop rute. Pitstop 1 di Bandara Ngloram. Pitstop 2 di kampung Samin Surosentiko Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora. Pitstop 3 di Bendungan Randugunting. Kemudian pitstop 4 di Pendopo Bupati Blora.

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *