Achlif
Berita  

Tumbuhkan Masyarakat Berkehidupan Pancasila, Desa Sempu Dicanangkan Sebagai Kampung Pancasila

Example 120x600

BLORA, (beritaku.net) – Desa Sempu, Kecamatan Kunduran, Kabupaten telah dicanangkan sebagai Kampung Pancasila. Pencanangan oleh Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Andy Soelistyo Kurniawan Putro yang diwakili oleh Danramil 13/Kunduran Kapten Inf Sugiyanto di balai desa Sempu, Senin (11/04/2022).

“Kegiatan ini juga dilaksanakan di seluruh Koramil jajaran Kodim 0721/Blora. Jadi setiap kecamatan ada satu desa yang ditunjuk untuk menjadi Kampung Pancasila dan Alhamdulillah di Kecamatan Kunduran ditunjuk Desa Sempu sebagai Kampung Pancasila,” terang Danramil 13/Kunduran Kapten Inf Sugiyanto, saat ditemui media ini usai pencanangan Kampung Pancasila.

Didirikannya Kampung Pancasila itu, lanjut Kapten Inf Sugiyanto, sebagai bentuk edukasi untuk menumbuhkan kembali kehidupan ber-Pancasila di masyarakat terutama bagi generasi muda untuk memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila terutama terkait dengan toleransi.

“Dari lima Pancasila tersebut tentunya bisa dicerminkan oleh kehidupan bermasyarakat di Desa Sempu ini. Seperti contohnya kehidupan bertoleransi beragama, kemudian kehidupan bergotong royong, bahu membahu, bantu membantu terhadap warga yang kesulitan,” jelas Kapten Inf Sugiyanto.

Misal dalam kegiatan hajatan warga atau musyawarah untuk mufakat saat penyelesaian masalah yang harus didahului dengan musyawarah untuk bisa diambil kesepakatan bersama, dan bermasyarakat dengan kehidupan ber-Pancasila.

Menurutnya, Pancasila merupakan dasar negara yang merupakan pengendali dari sistem pemerintahan Indonesia, penyelenggaraan negara hingga pegangan dalam hidup berbangsa dan bernegara, sehingga gagasan membentuk Kampung Pancasila diharapkan agar masyarakat mampu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Harapan ke depan, terang Kapten Inf Sugiyanto, Kampung Pancasila ini juga akan bisa diterapkan di seluruh desa di Kabupaten Blora, tentunya ini akan menjadi agenda kita yang besar dan tanpa dukungan dari seluruh instansi atau steakholder kita tidak akan mampu untuk melaksanakan program dari BPIP ini hingga bisa berjalan baik.

“Intinya kita ingin dengan Kampung Pancasila ini bisa mengembalikan kehidupan kita ke kehidupan ber-Pancasila dengan mengamalkan lima sila dari Pancasila yang menjadi ideologi Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” harap Kapten Inf Sugiyanto.

Di tempat yang sama, Camat Kunduran Agus Listiyono, mengajak mengajak masyarakat Desa Sempu tetap semangat semangat kebersamaan sebagai saudara.

Baca Juga :  Modifikasi Kendaraan Dinas, Polres Blora Salurkan Bantuan Air Bersih Hingga Ke Pelosok Desa

Menurut Agus, hal ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat lain untuk membangun kehidupan bersama yang majemuk ini.

“Ini adalah spirit bagi Kabupaten Blora, khususnya Kecamatan Kunduran untuk membangun desa-desa lain bisa harmonis antargolongan, sehingga betul-betul menjadi wilayah yang harmonis, menerapkan nilai-nilai Pancasila dan tempat yang nyaman untuk semua agama dan golongan masyarakat,” kata Agus.

Selaku Camat Kunduran, Agus berharap, dengan dicanangkannya Kampung Pancasila ini akan menambah semangat lagi kepada masyarakat Desa Sempu untuk lebih menyatukan dalam berbagai segi kehidupan bermasyarakat di Sempu,” harap Agus.

Sementara, Kepala Desa (Kades) Sempu, M. Lilik Zubaidi mengaku senang dan mengapresiasi Desa Sempu telah ditunjuk sebagai Kampung Pancasila oleh Koramil 13/Kunduran sebagai kepanjangan tangan dari Kodim 0721/Blora. Pihaknya mengaku siap mendukung dan mensukseskan Kampung Pancasila itu di Desa Sempu.

“Dicanangankannya Desa Sempu menjadi Kampung Pancasila ini merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk lebih baik lagi. Insya Allah setelah pencanangan ini kami akan segera sosialisasikan agar warga masyarakat dalam menterjemahkan lima sila ini sampai saat ini tidak hilang, khususnya bagi para pemuda selaku penerus kita semoga paham apa itu Pancasila,” ujar Lilik.

Lilik berharap menjadi Kampung Pancasila di desa ini semua masyarakat bisa toleransi antar sesama. Kebersamaan masyarakat di bidang kemasyarakatan apapun ini bisa terwujud

“Jadi dengan adanya pencanangan ini merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk lebih baik lagi. Saya yakin, ke depan toleransi ini bisa melebar ke desa-desa lain,” pungkas Lilik.

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *