Berita, HL  

Bupati Blora Resmikan Gedung UDD PMI

Bupati Blora, Arief Rohman meresmikan gedung unit donor darah (UDD) PMI Blora, pada Kamis (16/5/2024)
Example 120x600

BLORA, beritaku.net – Bupati Blora, Arief Rohman meresmikan gedung UDD (unit donor darah) PMI (palang merah Indonesia) Blora, pada Kamis (16/5/2024).

Gedung baru UDD PMI Kabupaten Blora, terletak di Jalan GOR I Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Arief mengapresiasi upaya PMI dalam meningkatkan kualitas dan pelayanan di UDD Blora. Dia juga meminta PMI untuk terus mengembangkan kampung donor di desa/kelurahan serta meningkatkan kualitas mutu dan pelayanan.

“Alhamdulillah, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Blora, saya ucapkan selamat terbangunnya gedung UDD PMI Kabupaten Blora dan diresmikan hari ini,” ucap dia.

Dalam acara peresmian gedung baru UDD PMI, Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si, turut hadir dan mendukung langkah-langkah yang diambil oleh PMI Blora.

Bupati Arief Rohman mendapatkan laporan dari Ketua PMI Blora bahwa ketersediaan darah di UDD Blora selalu dalam kondisi aman bahkan mampu memasok kebutuhan darah di luar Kabupaten Blora, seperti ke RSUD Padangan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, dan UDD PMI Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Peresmian gedung UDD PMI ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Blora Arief Rohman, yang kemudian diserahkan kepada Sutikno Slamet selaku Ketua PMI Blora.

Bupati juga menandatangani prasasti peresmian gedung dan melakukan pengguntingan pita, serta meninjau ruangan donor darah.

Sementara itu, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora, Ir. Sutikno Slamet, mengumumkan bahwa tahun 2024 merupakan tenggat waktu bagi seluruh Gedung Unit Donor Darah (UDD) di Indonesia untuk memperoleh akreditasi.

Hal ini sesuai dengan instruksi dari PMI pusat untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan ketersediaan darah yang aman dan berkualitas.

Sutikno Slamet menyatakan bahwa pembangunan gedung ini dimulai sejak bulan Juni 2023 dengan biaya mencapai Rp 1.648.400.000. Namun, biaya tersebut belum termasuk kelengkapan sarana dan prasarana lainnya yang diperlukan.

Baca Juga :  Study Banding ke Magelang, Pemkab Blora Adopsi Peran BUMD dalam Peningkatan PAD

Menurutnya, keberadaan gedung UDD yang dilengkapi dengan sarana prasarana yang memadai sudah menjadi suatu kebutuhan mendesak.

Hal ini sejalan dengan upaya PMI untuk meningkatkan ketersediaan darah yang aman, mudah dijangkau, berkualitas, dan berkesinambungan.

Dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan kemanusiaan, PMI Blora juga memberikan bantuan tandon air kepada beberapa sekolah di Blora.

Bupati Arief Rohman secara simbolis menyerahkan bantuan ini kepada MI Negeri Blora, MTs Negeri Blora, dan MA Negeri Blora.

Dalam kesempatan itu, Sutikno Slamet menegaskan pentingnya peran relawan dalam menjaga ketersediaan darah yang aman.

Dia berharap gedung baru ini akan menjadi pusat pelayanan kemanusiaan bagi masyarakat Kabupaten Blora dan sekitarnya.

Dengan terbangunnya gedung baru yang sesuai dengan standar akreditasi, Bupati Blora berharap PMI dapat terus berupaya meningkatkan kualitas dan pelayanan. Hal ini sejalan dengan tugas PMI sebagai lembaga penyedia darah yang kian dipertegas melalui akreditasi gedung UDD.

banner 400x130

Tinggalkan Balasan