Berita  

Resmikan Proyek Padat Karya, Edy Wuryanto Inginkan Masyarakat Lingkungan Terberdayakan

Example 120x600

BLORA, (beritaku.net) – Anggota Komisi IX DPR RI, Edy Wuryanto meresmikan Proyek Padat Karya di desa di wilayah Kabupaten Blora yang merupakan program dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Proyek padat karya tersebut diantaranya, drainas jalan usaha tani (JUT) di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah. Saat peresmian Edy Wuryanto didampingi oleh pengurus desa setempat.

Politisi PDI Perjuangan itu menginginkan masyarakat lingkungan sekitar yang dibangun proyek padat karya harus bisa terberdayakan. Karena hal tersebut bisa menyerap tenaga kerja dari penduduk sekitar.

“Proyek padat karya itu tidak boleh ditenderkan dengan dikerjakan oleh CV, sehingga pengerjaannya harus murni dikerjakan oleh masyarakat sekitar,” kata Edy Wuryanto, Kamis (18/11/2021).

Program padat karya ini, lanjut Edy, harus bisa digunakan untuk membangun sarana dan prasarana di lingkungan masyarakat. Dengan begitu, diharapkan mampu menambah kelancaran kegiatan yang dibutuhkan masyarakat sehari-hari.

Anggota DPR RI dari dapil Jateng 3 menjelaskan, program ini masyarakat tidak hanya menerima bantuan secara cuma-cuma melainkan dengan ikut membantu membangun desa. Seperti di desa Kalinanas sendiri proyek padat karya yang dibangun drainas JUT ini harus berbasis masyarakat.

Terlebih lagi, kata Edy, kegiatan padat karya ini juga ditujukan untuk membantu masyarakat dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Seminar Nasional IYMEM 2024: Membangkitkan Semangat Kewirausahaan Generasi Muda di Blora

Ia juga berharap kegiatan padat karya program benar-benar mampu mempercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat.

“Melalui kegiatan padat karya ini masyarakat berkesempatan memperoleh pekerjaan dan penghasilan. Manfaat lainnya yaitu terpeliharanya lingkungan dan infrastruktur yang ada di lokasi perlaksanaan padat karya,” jelas Edy.

Edy juga berharap, program ini bisa sesuai dengan apa yang di cita-citakan oleh pemerintah untuk pemulihan perekonomian masyarakat khususnya yang terdampak pandemi covid-19.

Sementara itu, Kepala Desa Kalinanas, Jani mengaku sangat gembira dengan adanya program tersebut. Ia itu juga menyebut manfaat dari program padat karya lebih dari hal pemberdayaan masyarakat.

“Outputnya lebih dari itu, karena di lokasi yang dibangun program padat karya untuk pemulihan perekonomian masyarakat khususnya yang terdampak pandemi covid-19,” pungkasnya.***

banner 400x130

Tinggalkan Balasan