Berita, HL  

Satu Sekolah Dasar di Blora Terendam Banjir Usai Hujan Deras

Example 120x600

BLORA, (beritaku.net) – Hujan deras yang mengguyur Desa Sonokidul, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora sekitar pukul 18.30 WIB membuat kawasan tersebut terendam banjir akibat luapan kali.

“Hujan lebat di wilayah hukum Polsek Kunduran tepatnya di Desa Sonokidul, yang mengakibatkan banjir di halaman sekolahan SDN 2 Sonokidul terjadi sekitar pukul 18.30 WIB,” ungkap Kapolsek Kunduranl, AKP Kumaidi saat dimintai konfirmasi media melalui sambungan seluler, Sabtu (06/1/2024).

AKP Kumaidi menyebutkan, area yang terdampak banjir yang paling parah yakni ruangan perpustakaan dan tiga ruangan kelas. Sedangkan ruang guru dan sebagian ruang kelas yang posisi bangunannya lebih tinggi tidak terendam air.

“Air masuk ke dalam ruang kelas dan perpustakaan. Namun untuk ruang guru masih aman,” jelas AKP Kumaidi.

Salah seorang guru SDN 2 Sonokidul Rizky Arief mengungkapkan terdapat 4 ruangan yang terendam air yaitu ruang kelas 1, 2 , 3 dan ruang perpustakaan.

“Kelas 1, 2, 3 dan perpus kebanjiran. Ruang guru dan kelas lainnya aman. Ketinggian air hampir selutut,” ungkap Rizky.

Rizky mengatakan sebagian ruangan tidak terendam air karena posisinya lebih tinggi dibanding dengan kelas 1, 2, 3 dan perpustakaan. Tidak ada arsip penting yang terkena air, hanya saja beberapa buku basah.

Baca Juga :  Menakar potensi dan tantangan indonesia dari berbagai arah

“Iya buku di kelas dan di perpus basah semua. Arsip penting aman karena di rak atas,” terang Rizky.

Menurutnya banjir disebabkan karena drainase dangkal. Sehingga air yang dari daerah yang lebih tinggi masuk sekolahan.

“Kiriman air dari desa yang lebih tinggi kesini semua. Kan drainase buruk, air menggenangi SD. Air antri lewat di selokan yang sempit,” jelas Rizky.

Air juga menggenangi rumah warga sekitar dan area persawahan ikut banjir.

“Sekitar 5 rumah warga yang berada di tepi jalan juga kebanjiran. Sawah sekitar banjir semua karena air kiriman. Banyak tanggul sawah yang jebol juga,” pungkas Rizky.***

banner 400x130

Tinggalkan Balasan