2.373 Mahasiswa IAIN Lakukan KKN di 133 Desa di Blora

BLORA, (beritaku.net) – Sebanyak 2.373 mahasiswa IAIN Kudus akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integrasi Kompetensi Moderasi Beragama IKMB) di Blora. Mereka akan terjun di 133 desa tersebar di 6 kecamatan.

Dari catatan, KKN dari IAIN Kudus ini merupakan KKN dengan mahasiswa terbanyak yang pernah dilaksanakan di Kabupaten Blora.

KPU

Penerjunan mahasiswa KKN tersebut dilakukan oleh Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP,.M.Si bersama Rektor IAIN Kudus Prof.Dr. H. Abdurrohman Kasdi, M. Si, Kamis (31/8/2023).

Di acara yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Blora dan dihadiri sejumlah pejabat penting di IAIN Kudus, Bupati Arief secara simbolis menyematkan kartu peserta KKN kepada perwakilan mahasiswa.

“Kami ucapkan selamat datang di Kabupaten Blora kepada mahasiswa KKN-IKMB IAIN Kudus, ‘’ papar Bupati.

Bupati yang akrab dipanggil Mas Arief itu membenarkan, bahwa pelaksanaan KKN-IKMB dari IAIN Kudus itu merupakan terbesar di Kabupaten Blora selama ini.

Nantinya ribuan peserta akan disebar di berbagai desa yang ada di Kecamatan Banjarejo, Tunjungan, Ngawen, Japah, Kunduran, dan Todanan.

Pihaknya ingin, dengan hadirnya mahasiswa KKN tersebut bisa membantu pemerintah setempat dalam mengoptimalkan potensi desanya. Termasuk memberikan dampak positif baik bagi masyarakat desa maupun mahasiswa KKN.

“Harapannya dengan hadirnya teman-teman mahasiswa yang masih muda dan kreatif ini, dapat membantu Pemerintah Kabupaten Blora dalam menyelesaikan masalah yang ada di Desa melalui optimalisasi pemanfaatan potensi Desa serta dapat menemukan ide yang kreatif dan inovatif dalam pengembangan potensi desa,” jelas dia.

Promosikan Blora

Rektor IAIN Kudus, H. Abdurrohman Kasdi, berpesan kepada para mahasiswanya agar turut berperan, dalam membantu masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Blora. Termasuk untuk menjaga kepercayaan yang diberikan masyarakat Kabupaten Blora selama KKN.

Baca Juga :  Kampung Ketua DPRD Blora Dapat Bantuan Presiden Sebanyak 400 Paket

Pihaknya juga ingin agar para peserta KKN bisa turut mengangkat potensi yang ada di Kabupaten Blora, termasuk untuk giat mempromosikannya lebih luas.

“Sampaikan kepada dunia sana tentang keberhasilan, prestasi-prestasi, tentang nilai lebih dari Kabupaten Blora. Bisa dibayangkan dari 2.373 mahasiswa kemudian mengupload konten-konten positif, prestasi kelebihan dan bahkan mungkin ada destinasi di Kabupaten Blora yang belum tersentuh,” harapnya

Dalam kesempatan tersebut, sejumlah lulusan IAIN Kudus asal Blora yang berprestasi turut dihadirkan untuk memberikan semangat kepada para mahasiswa. Adalah Endang Susanti, asal Desa Sempu, Kecamatan Kunduran, yang meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,89. Juga Siti Rohwati, asal Desa Kepoh, Kecamatan Jati, yang mendapat indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,83.

Meski berasal dari desa pelosok, kedua alumni berprestasi tersebut kini akan menempuh jenjang S2 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Mereka berbagi pengalaman dan motivasi kepada para mahasiswa. ***

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *