Kendal Jawab Tantangan Kemenkes

Example 120x600

KENDAL, (beritaku.net) – Pemerintah Pusat terus mendorong percepatan vaksinasi di seluruh wilayah di Indonesia. Salah satunya adalah Kabupaten Kendal. 

Diharapkan penyerapan vaksinasi dapat cepat tercapai, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan memberikan target kepada seluruh kabupaten dan kota di Indonesia selama bulan September 2021 sesuai dengan jumlah penduduk yang dimiliki masing- masing wilayah.

Kabupaten Kendal sendiri diberikan tantangan agar dapat vaksin sebanyak 18.486 sasaran tiap harinya. Tantangan tersebut langsung disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Kendal.

Bupati Kendal Dico Ganinduto menyatakan kesiapannya menanggapi tantangan tersebut dan langsung melakukan koordinasi seluruh stakeholder terkait. Diantaranya, dinas-dinas terkait, Kecamatan, Puskesmas hingga Kodim dan Polres.

Pada tanggal 14 September 2021, Pemerintah Kabupaten Kendal menjawab tantangan tersebut dengan menunjukkan total realisasi pelaksanaan vaksinasinya yang mencapai angka 13.092 sasaran dengan pembagian vaksinasi dosis 1 sebanyak 12.089 sasaran dan vaksinasi dosis 2 sebanyak 1.003 sasaran. 

Angka tersebut mungkin tidak sepenuhnya menjawab tantangan Pemerintah Pusat, namun hal tersebut bukan karena ketidakmampuan Kabupaten Kendal melainkan saat pelaksanaan terdapat sasaran-sasaran yang sudah disiapkan namun harus gugur karena kegagalan dalam skrining.

“Pelaksanaan vaksin tentunya harus melalui tahap skrining terlebih dahulu, dan pada tahap tersebut ada yang lolos dan ada pula yang gagal karena berbagai macam alasan seperti sedang sakit, memiliki komorbid, ataupun ternyata pernah terdampak covid-19 tapi belum sesuai jangka waktunya yaitu 3 bulan.”kata Dico.

Dikatakannya, vaksin merupakan salah satu prestasi besar bagi Kabupaten Kendal. Pasalnya, Kabupaten Kendal yang rata-rata tervaksin berada di angka 6.000 sasaran perhari nyatanya mampu mencapai angka lebih dari 10.000 sasaran perhari.

Baca Juga :  Tinjau Vaksinasi di Blora, Gus Yasin : Waspadai Efek Lain dari Covid-19, Stunting Salah Satunya

“Adanya kenaikan capaian hingga 192% dari capaian-capaian sebelumnya. Tentunya capaian tersebut tidak hanya berhenti dalam satu hari, namun setiap harinya seluruh tenaga kesehatan di Kabupaten Kendal terus mengejar target yang telah ditetapkan agar herd immunity di Kabupaten Kendal cepat terealisasi,” jelas Bupati Kendal. 

Bupati Kendal Dico Ganinduto juga sangat berterima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan yang telah mencurahkan seluruh tenaga dan waktunya dengan penuh semangat guna mendukung percepatan vaksinasi yang bukan hanya menjadi kebijakan Pemerintah Pusat, namun juga yang selalu didorong oleh Pemerintah Kabupaten Kendal.

Saya ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan yang sudah mendukung percepatan vaksinasi ini dengan penuh semangat. Saya selalu ingatkan bahwa Selalu ada kemenangan di balik perjuangan, mari kita sama-sama berjuang untuk memperoleh kemangan tersebut,”tutur Dico.

Di bulan September ini, Kabupaten Kendal juga mendapatkan dropping vaksin dari Pemerintah Pusat yang cukup banyak dan stock vaksin tersebut sudah dibagikan ke puskesmas-puskesmas.***Eko

banner 400x130

Tinggalkan Balasan