Mantap, Desa Bangsri di Blora Masuk 15 Besar Lomba Desa Wisata Nusantara (LDWN) 2023

Example 120x600

BLORA, (beritaku.net) – Desa Bangsri yang berada di Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, masuk 15 besar Lomba Desa Wisata Nusantara (LDWN) 2023 untuk kategori sangat tertinggal/ tertinggal/ berkembang yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Masuknya Desa Bangsri dalam 15 besar LDWN 2023 tidak terlepas dari Laga Kusuma selaku kepala desa (kades) setempat.

Sejak menjabat sebagai kades, Laga terus melakukan inovasi dengan menyulap area pesawahan menjadi tempat wisata yang bisa memanjakan mata. Tempat wisata di lahan seluas 1,8 hektar itu bernama Noyo Gimbal View.

Tempat wisata yang berada di tengah persawahan itu menawarkan pemandangan yang indah.

Mulai dari hamparan persawahan yang ditanami berbagai tanaman, pemandangan matahari tenggelam saat sore hari, edukasi pertanian organik, hingga nilai kesejarahan.

Ditambah dengan pernak-pernik lain seperti patung Noyo Gimbal yang ikonik, kuliner, persewaan sepeda listrik hingga becak unik.

Laga menjelaskan, konsep wisata buatan di desanya itu memang memadukan banyak hal.

Dimulai cerita sejarah dan cagar budaya bahwa di Desa Bangsri merupakan napak tilas perjuangan melawan penjajahan dengan tokoh utama bernama Noyo Gimbal.

“Kemudian pengunjung juga bisa menikmati wahana edukasi seperti bisa bercocok tanam dan memetik hasil panen tanaman holtikultura seperti kangkung dan jenis sayuran lain,” kata Laga, saat dihubungi wartawan melalui sambungan seluler, Kamis (23/11/2023).

Selain itu, wisatawan juga bisa melihat pertanian organik dalam wujud minapadi, yakni sistem bercocok tanam padi yang memadukan ikan. Sehingga berbasis organik juga menguntungkan dengan nantinya bisa panen ikan pula.

“Pengunjung juga bisa memberikan makan ikan, berinteraksi, dan pastinya menikmati kesejukan udara,” ujar dia.

Tak hanya itu, kuliner di tempat wisata tersebut juga sangat murah dengan rasa khas. Sehingga membuat wisatawan mendapatkan paket lengkap.

“Ini spot-spot foto juga bagus. Sangat memanjakan mata,” ucap Laga.

Selain untuk menarik wisatawan dan menambah pemasukan desa, juga untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat.

Dengan konsep wisata kombinasi dan terintegrasi itu, kini setidaknya ada seratus warga yang terlibat. Mulai dari hulu sampai hilir.

“Para petani, pelaku UMKM, dan jaringan-jaringan lain yang mendukung berjalannya Noyo Gimbal View,” pungkas Laga.

Sebelumnya pada Tanggal 7 November lalu, tim juri dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mengunjungi Desa Bangsri melakukan verifikasi lapangan untuk penilaian.

Baca Juga :  Bupati Blora Terus Gaungkan Kebijakan Sekolah Sisan Ngaji (SSN)

Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Blora Sunarno menyebut dari 30 besar kemudian disaring lagi ke 15 besar.

Hasilnya pada pengumuman dari dewan juri yang disampaikan 15 November Desa Bangsri masuk.

“Dalam pengumuman itu, Desa Bangsri masuk 15 besar kategori 1. Yakni yang terdiri dari desa-desa yang digolongkan sangat tertinggal, tertinggal, dan berkembang,” imbuhnya.

Dari 15 desa itu Bangsri menjadi satu dari 3 desa di Jawa Tengah yang masuk. Dua lainnya Desa Guci dari Kabupaten Tegal. Dan Desa Melung dari Kabupaten Banyumas.

“Tahap berikutnya nanti mereka diundang ke NTB pada 24 November. Untuk malam penganugerahan,” tuturnya.

Sebagai desa wisata, Bangsri telah menyedot puluhan ribu wisatawan dari enam bulan terakhir. Tepatnya sekitar 61 ribu. Artinya dalam sebulan ada sekitar 10 ribu pengunjung yang menyambangi Desa Bangsri. Terutama di obyek wisata andalan Noyo Gimbal View.

Dengan pengunjung sebanyak itu, omzet yang didapatkan pun terbilang fantastis untuk obyek wisata baru. Tercatat omzet yang didapatkan mencapai Rp 512 juta.

Dengan kegigihannya, tak hayal Desa Wisata Bangsri dengan Noyo Gimbal View-nya tembus 15 besar Lomba Desa Wisata Nusantara (LDWN) 2023 dengan kategori Desa Wisata Nusantara desa berkembang.

Atas prestasi itu, Kades Bangsri, Laga Kusuma akan hadir di malam puncak apresiasi lomba desa wisata nusantara di Lombok NTB, Jum’at (24/11/2023) besok.

Rp 512 juta. Dengan kegigihannya, tak hayal Desa Wisata Bangsri dengan Noyo Gimbal View-nya tembus 15 besar Lomba Desa Wisata Nusantara (LDWN) 2023 dengan kategori Desa Wisata Nusantara desa berkembang.

Atas prestasi itu, Kades Bangsri, Laga Kusuma akan hadir di malam puncak apresiasi lomba desa wisata nusantara di Lombok NTB, Jum’at (24/11/2023) besok.

banner 400x130

Tinggalkan Balasan