PKB Ungkap Alasan Rendahnya Elektabilitas Cak Imin Sebagai Capres 2024

Example 120x600

BLORA, (beritaku.net) – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Blora bersiap memuluskan langkah ketua umumnya, Muhaimin Iskandar untuk maju sebagai calon presiden (capres) 2024 mendatang.

Ketua DPC PKB Kabupaten Blora, Abdul Hakim mengatakan pada Senin (1/11/2021) mendatang jajarannya akan melakukan konsolidasi ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Tengah terkait hasrat Muhaimin Iskandar tersebut.

“Besok Senin kita dipanggil oleh DPW untuk menyolidkan tentang pencapresan dan pilegnya juga, kita diminta untuk presentase di DPW Semarang,” ucap Abdul Hakim saat ditemui awak media, di Pendopo Bupati Blora, Sabtu (30/10/2021).

Pria yang akrab disapa Gus Hakim itu menambahkan hasrat Muhaimin Iskandar atau Cak Imin untuk maju sebagai capres memang sudah direncanakan sejak awal.

“Jadi kami sebagai kader di bawah sangat optimis Cak Imin bisa ikut di pencapresan 2024,” kata dia.

Menurutnya, Cak Imin yang notabene merupakan ketua umum partai tidak perlu pusing untuk mendeklarasikan diri sebagai capres mendatang.

Sebab, sudah hampir pasti para kader PKB akan tetap mendukung langkah pencapresan tersebut.

“Yang lain saja percaya diri, kenapa ketua umum yang punya partai tidak percaya diri. Seperti Pak Ganjar itu kan tidak pimpinan partai, artinya masih menunggu rekomendasi dari ketua umum,” terang dia.

“Sementara Cak Imin kan sudah ketua umum, jadi bisa langsung kita deklarasikan, jadi enggak usah nunggu kanan-kiri,” imbuh dia.

Namun, Gus Hakim mengakui saat ini elektabilitas Cak Imin masih kalah dengan nama-nama seperti Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, hingga Anies Baswedan.

Baca Juga :  Menang Pileg di Blora, PKB Siapkan Mustopa untuk Jadi Ketua DPRD

Rendahnya elektabilitas Cak Imin saat ini, kata Gus Hakim karena para kader PKB memang belum berkonsolidasi dan kader di tingkat ranting masih belum terbentuk.

“Program kita adalah setelah ranting dibentuk, ada pencalegan dini. Nah ini caleg-caleg dari PKB sudah mulai kita tata, setelah pencalegan ini caleg-caleg juga akan mengkampanyekan Cak Imin, tidak boleh kerja sendiri. Jadi semua harus mengkampanyekan Cak Imin, sebagai calon presiden. Dan ini langsung tusuk ke jantung desa-desa,” jelas dia.

Sebelumnya, Muhaimin mengatakan, Pilpres 2024 merupakan tantangan bagi dirinya untuk maju sebagai capres, tetapi ia tidak mau tergesa-gesa dalam mengambil langkah.

Ia mengeklaim, selama ini kader PKB di semua daerah mengharapkan dan mendukung dirinya untuk maju sebagai capres pada 2024.

“Ya saya rasa itu sebagai tantangan, saya siap. Tapi harus bersabar dulu karena Pilpres masih lama. Kita tunggu perkembangan nanti seperti apa terkait peta politiknya,” kata Muhaimin di sela kegiatan silaturahmi dengan para tokoh ulama di wilayah Brebes-Tegal, Jawa Tengah, Minggu (17/10/2021), dikutip dari siaran pers.

banner 400x130

Tinggalkan Balasan