Achlif

Beragam Manfaat Jembatan Gantung di Desa Gondel Kedungtuban Blora bagi Masyarakat

Example 120x600

BLORA, (beritaku.net) – Desa Gondel yang berada di Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora, Jawa Tengah beberapa waktu lalu sempat dikunjungi oleh Bupati Blora, Arief Rohman.

Kedatangan orang nomor satu di kota samin tersebut dalam rangka menghadiri Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) yang diselenggarakan oleh pengurus karang taruna.

Saat akan menuju ke lokasi acara, Arief Rohman diarak barongan dan diajak berjalan kaki melewati jembatan gantung yang berada di desa tersebut.

Lantas, seperti apa manfaat jembatan gantung tersebut bagi masyarakat Desa Gondel?

Sekretaris Desa Gondel, Soniya Christa Bella mengatakan desanya memiliki dua jembatan gantung, yaitu jembatan gantung kedungbronjang – kedungpereng dan Jembatan pencol – sanggar.

Jembatan sanggar-pencol merupakan jembatan baru yang dibangun tahun 2021, sedangkan jembatan kedungbronjang – kedungpereng sudah dibangun sejak tahun 1999.

“Setiap tahun selalu dilakukan pemeliharaan untuk memastikan jembatan aman untuk dilalui namun karena usia jembatan yg sudah tua, sebenarnya jembatan tersebut perlu dilakukan peremajaan dan harapannya bisa dijadikan jembatan permanen yang bisa dilalui oleh roda empat,” kata dia kepada awak media, Kamis (15/12/2022).

Soniya menjelaskan dengan adanya dua jembatan gantung tersebut, manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat terutama untuk mempermudah akses dan mendorong kegiatan perekonomian warga.

“Sebelum ada jembatan gantung jika ingin menuju dukuh kedungpereng harus memutar lewat Desa mojorembun,” kata dia yang juga seorang sarjana terapan kesehatan.

Bahkan, Soniya menyebut jembatan gantung yang ada di wilayahnya diharapkan mampu mempromosikan desa Gondel ke masyarakat luas.

“Karena ke depan kami akan terus berusaha untuk menggali potensi desa kami, termasuk gagasan desa wisata, dan tidak menutup kemungkinan jembatan tersebut akan menjadi salah satu ikon desa kami,” ucap dia.

Baca Juga :  Lahan Eks Sasana Bhakti Jadi Tempat Wisata Baru di Tengah Kota Blora

Sementara terkait dengan kehadiran Arief Rohman, dirinya berharap desanya lebih diperhatikan, terutama dalam hal infrastuktur jalan yang masih sangat kurang, yang mana jalan merupakan prasarana yang sangat menunjang kelancaran kegiatan perekonomian warga.

Sebelumnya diberitakan, Kegiatan Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) mendapatkan apresiasi dari Bupati Blora, Arief Rohman.

Kegiatan BBKT yang diselenggarakan di Desa Gondel, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora pada Sabtu dan Minggu (3-4/12/2022) bisa dikatakan dapat berjalan secara lancar.

Arief merasa senang dengan rangkaian acara selama penyelenggaraan BBKT yang bertema ‘Adhitya Karya Mahatva Yodha’.

Selama menghadiri kegiatan tersebut, dirinya sempat diajak untuk makan bareng di rumah kepala desa, menaiki odong-odong, disambut kesenian barongan sembari diberikan gambar wajahnya, berjalan melewati jembatan gantung, hingga mengundi hadiah jalan sehat dengan memberikan uang jutaan rupiah kepada peserta.

“Hari ini saya merasa senang bisa hadir di Gondel ini, kita naik odong-odong, saya terus terang sudah puluhan tahun enggak naik odong-odong tadi baru diajak naik odong-odong, dan juga kita melewati jembatan gantung,” ucap dia pada Minggu, 4 Desember 2022 lalu.

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *